Alternatif Pakan Ikan Gurame

Assalamaualaikum

Jumpa lagi, kali ini saya akan coba membahas tentang budidaya kolam gurame.

Seperti yang sudah saya sampaikan pada kesempatan sebelumnya mainan baru saya adalah berbisnis gurame. Nah kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara budidayanya, yaitu tentang pemberian pakan.

Seperti yang kita ketahui bersama dalam budidaya peternakan maupun perikanan, pokoknya yang berhubungan dengan hewan hidup pasti pengeluaran yang paling berpengaruh dalam operasional adalah pakan. Begitu juga dengan budidaya gurame.

Pada perhitungannya diprediksi untuk 2500 an ekor ikan gurame dengan ukuran se korek plus dengan prediksi panen sekitar 8-9 bulan akan membutuhkan pakan sekitar 55 karung pakan pur ikan atau pelet.

Nah dalam hal ini untuk mengatasi masalah pakan itu maka seharusnya dalam membudidaya ikan gurame ada strategi-strategi, terutama dalam pakan, yaitu:

  1. Tambahan pakan hijauan, misalnya daun ketela, daun tales dsb, gurami itu suka hijau2an yg ga alot teksturnya.
  2. Bisa membuat pakan sendiri, banyak tutorial membuat pakan ikan dengan mempertimbangkan proteinnya

Kedua hal ini bukan menjadi yang utama, tetapi strategi untuk selingan pakan ikan, karena kalau tidak ada pelet yang proteinnya tinggi juga akan lama besarnya. Selain selingan, pemberian pakan ini juga aman, karena ikan gurame itu berbeda dari ikan lain, jika kebanyakan pakan pelet maka ikan bisa mati atau mempengaruhi kesehatan ikan. Dengan pakan hijauan ini dipercayai oleh petani, ikan akan adem ayem.

Kalau untuk seberapa banyak pakan hijauan, tidak masalah walaupun banyak, ikan tidak akan mati, tetapi kolam akan cepat kotor karena sisa-sisa hijauan yang tidak dimakan, selain itu kotoran ikan dengan pakan hijauan akan lebih cepat membuat kolam keruh.

Sekian teman-teman, sedikityang saya sampaikan semoga bermanfaat,

Wasalamualaikum